Wednesday, February 9, 2011

IP Fashion Sketch Competition 2011: Top 10 National Costume

Ini dia ke-sepuluh sketsa yang sudah masuk ke email IP. Setelah ini akan langsung dinilai oleh dewan juri. Untuk sementara ini identitas designer tidak IP tampilkan, supaya proses voting untuk "The Most Favorit Sketch" berlangsung adil. Bukan melihat siapa designernya tapi dilihat sketsanya.

Puteri Gading Cempaka Hijau: "Kebaya hijau ini merupakan kebaya modifikasi ke 2 atau modern dari Bengkulu,dimana khas Bengkulu juga sangat lekat pd kebaya ini yaitu pada kain songket khas melayu,batik basurek yaitu kain khas bengkul dan batik kaganga yaitu kain khas suku tertua di propinsi Bengkulu."



Puteri Gading Cempaka Merah: "Kebaya merah ini merupakan kebaya modifikasi atau modern dr Bengkulu,dimana khas Bengkulu sangat lekat pd kebaya ini yaitu pada kain songket khas melayu,kain basurek yaitu kain khas bengkul dan bati kaganga yaitu kain khas suku rejang yaitu tertua di propinsi Bengkulu."


Exotic Reog Ponorogo: "Terinspirasi dari ke exotican tarian reog ponorogo yang sempat diklaim oleh malaysia sebagai budaya mereka,namun saya ingin menunnjukan bahwa reog ponorogo adalah budaya indonesia."


Sunda Siger Female Wedding: "Busana pengantin Sunda Siger juga terinspirasi dari busana putri-putri kerajaan Sunda di masa lampau. Pengantin wanita Sunda Siger mengenakan kebaya brokat kuning atau krem. Perhiasan yang dikenakan yaitu Kelat Bahu di kedua lengan, gelang permata, cincin permata dan dua buah kalung pendek dan panjang. Di bagian bawah, kain batik dengan motif khusus yaitu Lereng Eneng Prada atau Sido Mukti dengan wiron (lipatan pada bagian depan kain) sebagai pemanis. Sama halnya dengan pengantin Sunda Putri, pengantin Sunda Siger biasanya mengenakan selop yang terbuat dari bahan yang sama dan warna senada dengan kebaya pengantin. Pengantin wanita akan terlihat cantik menyeluruh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki."


Lady Gatotkaca Warior: "Terinspirasi dari tokoh pewayangan yang perkasa ,tapi dibuat lebih anggun dan mewah. Menggunakan bahan dari batik sutera putih dan accecories silver. biasanya kostum ini ditampilkan dengan warna keemasan ,tapi kali ini menggunakan warna yang lebih glow yang mengangkat keindahan kerajinan perak kota Gede."

"Tidak menyertakan penjelasan sketsa"


"Tidak menyertakan penjelasan sketsa"



Minangkabau's Feminity: "Pada national costume sama membuat baju kebaya dgn bahan songket dan berhiaskan suntiang serta memakai legging mengkilap warna emas, karena saya terinspirasi dari nilai-nilai keperempuanan yg di usung oleh adat Sumatera Barat dimana perempuan merupakan yang diagungkan sehingga timbul garis matrilinear. saya membuat bagian leher pada gmbr tersebut menandakan rumah adat minangkabau yang seperti tanduk kerbau, untuk kain songket hijau yg terjulur indah dari leher sampai bahwa menandakan gambaran songket yg dibuat oleh wanita2 minang dgn alat tenunnya, celana gold menentukan bahwa wanita juga dapat mandiri tanpa harus ada laki2, tongkat dgn ujung tanduk kerbau karena itu menunjukkan bahwa wanita padang merupakan wanita yg mengikuti garis keturunan ibu."



Mustika Raja Ampat: "Inspirasinya adalah kekayaan bahari Indonesia, Indonesia adalah negara bahari dengan luas wilayah laut sekitar 3,200,000 dan termasuk dalam negara terluas wilayah lautnya di dunia. Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati bawah laut, baik flora maupun fauna terbesar di dunia jauh mengalahkan Australia dengan Great Barrier Reefnya, Philippines dengan kepulauan Atolnya, maupun Palau dengan lagunanya."


Reog Ponorogo "Pesona Jawa Timur": "Inspirasinya dari Reog Ponorogo secara keseluruhan, karena akan mengurangi identitas dan maksud dari pakaian jika hanya mengambil dari salah satu bagian dari tarian reog yang terdiri dari dhadak merak, kelono sewandono, prajurit berkuda, bujang ganong, dewi songgolangit dan warok."


No comments:

Post a Comment